jump to navigation

Apa saja prinsip seorang milyader ? April 9, 2010

Posted by Ferry Herdianto in Apa ?.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Saya menulis postingan ini karena terinspirasi dari materinya Mr. Tung Desem Waringin, berjudul 24 Prinsip Milyader yang Dicerahkan (Seminar Be Great Be A Billionaire). Tapi saya tidak akan memaparkan semuanya, cukup prinsip pertama, kedua dan ketiga saja. Mengapa ? selain karena materi ini sangat panjang jika di paparkan semua, alasan lainnya karena materi ini adalah buah fikiran yang sangat mahal harganya dari seorang yang luar biasa.

Tidak berpanjang kata saya akan paparkan tiga prinsip tersebut, namun sebelum berlanjut kepada poin – poin prinsipnya saya jelaskan dahulu tentang kata “dicerahkan” atau “mencerahkan”. Mengambil contoh seekor lebah saat mencari madu, tanpa dia sadari ketika sampaidi bunga dan bunga tersebut diambil madunya lebah tadi menyebarkan serbuk sari dari bunga itu yang pada akhirnya bunga – bunga tadi menjadi buah.

Begitu pula orang kaya yang mencerahkan, tujuan utamanya sama seperti lebah tadi, yaitu mencari sari madunya. Yang efeknya ternyata ia membuat kebun buah yang begitu indah.

Masih bingung ?

Tenang, masih berlanjut pembahasannya, mengenai tujuan, jika lebah tadi mencari sari madu, maka orang kaya mencari kekayaan, lebih spesifiknya mencari uang lah. Nah, pada waktu mencari uang itulah, ternyata ia mencerahkan dan membuat dunia ini lebih baik, membuat orang lain lebih bersemangat, membuat orang lain jadi lebih kaya, membuat orang lain hidupnya jadi lebih indah, lebih sehat, lebih bahagia.

Oke langsung masuk prinsip 1 : yaitu Orang kaya yang mencerahkan selalu membuat nilai tambah.

Maksudnya seperti ini, ketika anda hidup, hidup adalah nilai tambah. Ketika semua orang hidup maka hidup adalah nilai standar. Sama halnya ketika kita jujur, jujur adalah nilai tambah. Tapi ketika semua orang jujur, maka jujur adalah nilai standar.

Dalam hidup kita harus memiliki nilai tambah di banding orang lain. Ketika berbicara uang pun sama, bahwa jika ingin mendapatkan uang berlimpah, pertanyaannya adalah “Apa nilai tambah kita ?” ketika pertanyaan ini terjawab, maka uanglah yang akan mengejar kita, karena kita berhasil membuat nilai tambah lebih banyak di banding orang lain.

Prinsip 2 : Gunakan faktor kali

Maksud dari faktor kali adalah sesuatu yang sekali kita sentuh akan berefek multiplier. Jadi setelah kita mempunyai nilai tambah, langkah selanjutnya adalah menggunakan faktor kali.

Contoh, pemilik bengkel mempunyai nilai tambah pelayanan yang bagus, cepat, bersih dan murah, sehingga bengkelnya ramai pengunjung. Setelah itu untuk menambah pundi – pundi uangnya, maka si pemilik bengkel harus menggunakan faktor kali, seperti menambah karyawan, memperluas bengkel, menggunakan tekhnologi sehingga ia bisa melayani konsumen lebih cepat dan lebih baik lagi, kemudian ia juga membuka cabang, dan menjual model franchise.

Tidak sampai disitu, faktor kali berikutnya adalah ketika franchise-nya jaya dan menghasilkan omzet yang sangat besar, lalu ia Go Public. Sehingga banyak orang mendapatkan keuntungan atau nilai tambah dan saham perusahaannya. Itulah faktor kali, akibatnya ia menjadi sangat kaya, lebih kaya di bandingkan satu orang yang memiliki bengkel satu.

Sekali lagi ditekankan disini, orang – orang yang sangat kaya mempunyai nilai tambah, dan ia kalikan sedemikian rupa, sehingga orang banyak dapat merasakan nilai tambah tersebut.

Selanjutnya prinsip 3 : Bahwa peluang ada di mana – mana.

Apapun yang kita lihat sebenarnya sudah menghasilkan uang bagi orang lain ataupun bagi kita. Misal kita lihat wallpaper, sudah pasti ada orang yang mendapatkan uang dari wallpaper ini.  Lalu kita lihat lantai, pasti ada orang mendapatkan uang karena lantai ini, dari yang membuat lantai sampai yang memasang lantai tersebut. Ketika kita melihat rambut juga pasti ada orang yang menghasilkan uang dari rambut, seperti pembuat shampoo dan pengusaha salon.

Yang harus kita sadari disini adalah, sebenarnya apapun yang kita lihat bisa menghasilkan uang, pertanyaanya, apa peluang yang kita lihat hari ini ? test, buka mata dan buka fikiran. Fikirkan, bahwa benar atau tidak, apapun yang kita lihat sebenarnya itu adalah peluang untuk membuat uang.

Itulah tiga prinsip dari 24 prinsip seorang milyader yang di cerahkan, walaupun hanya tiga yang saya paparkan sebenarnya bisa jadi satu kesimpulan luar biasa, yaitu temukan peluang bisnis anda dari sekian banyak peluang yang terserak di mana – mana, setelah itu buat nilai tambah terhadap peluang bisnis anda di banding yang mungkin sudah ada sebelumnya milik orang lain. Terakhir gunakan faktor kali untuk melipatgandakan omzet anda menjadi berkali – kali lipat.

Memang semua itu tidak bisa dilakukan secara instan atau cepat, butuh belajar, karena semua hal yang saya sebutkan diatas ada ilmunya tersendiri. Dalam hal belajar juga tidak bisa dilakukan seorang diri, itu malah akan membuang waktu, fikiran, tenaga dan dana kita. Lebih baiknya kita memiliki ruang tempat belajar bisnis itu sendiri dan pemandu atau mentor.

Demikian yang bisa saya bagikan dari isi seminar “Be Great Be A Billionaire” yang di pandu oleh Mr. Tung Desem Waringin.

Semoga bermanfaat untuk saya dan anda.

Jika anda ingin mendapatkan materi lengkapnya, bisa di dapatkan di sini gratis.

Sekian

Salam

Comments»

1. resellerbisnis - April 15, 2010

Bagus mas postingan ttg prinsip milyader. mencerahkan .

2. Ferry Herdianto - April 15, 2010

ini dlm rangka sharing apa yg sdh sy baca om.
trim’s bngt neh udh bertamu di blog ini.
salam pertemanan

3. ismail - April 20, 2010

saya sudah punya artikel yang ada dipostingan ini. memang isinya sangat membuka wawasan kita dalam berbisnis dan bertindak untuk lebih baik.ya kan?

salam kenal & sukses mas

ucapanterimakasih - April 20, 2010

yupzz.. betul sekali mas, makanya saya share di blog ini, siapa tau belum banyak yang baca 🙂

btw saya sedang membangun blog baru http://ferryherdianto.com
silahkan kalau mas mau berkunjung, saya senang sekali.

salam kenal & sukses juga untuk anda mas


Leave a comment